16 Juli 2009

Cara Membuat Blog di blogger.com

Cara membuat Blog di Blogger.com

Tahap pertama Buat Account di Blogger.com untuk e-mail harus menggunakan account gmail.com


Tahap kedua











Untuk selanjutnya terserah Anda, isilah konten-konten yang bermanfaat.. selamat ngeBLOG

Belajar Posting 3

Blog

Pengertian
Weblog, Web log atau yang biasa disingkat dengan Blog merupakan sebuah aplikasi CMS yang memuat secara periodik tulisan – tulisan (biasa disebut dengan posting) pada sebuah web page umum.

Sejarah
Pertama di populerkan oleh blogger.com (http://www.blogger.com) yang dimiliki oleh PyraLab sebelum sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi - aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukan kepada perkembangan para Blogger tersebut.


Istilah dalam dunia Blog
Blogosphere
Situs – situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog.

Blogstorm
Sebuah kumpulan gelombang aktifitas, informasi dan opini yang sangat besar mengerupsi beberapa subyek atau sangat kontroversi dalam blogoshpere.

Blogger
Komunitas kumpulan pengguna blog yang saling berkunjung ke blog lain.

Kategori Blog
- Personal Blogger
- Orang yang menulis tentang buku harian atau yang berhubungan tentang dirinya.
- Business Blogger
- Orang yang mempromosikan tentang produk atau layanan sebuah website.
- Organizational Blogger
- Orang yang fokus pada persoalan sebuah komunitas.
- Professional Blogger
- Orang yang dibayar untuk melakukan posting.

Belajar Posting 2

Mengapa butuh CMS ?

Teknologi dan metode lama untuk membangun halaman web menghabiskan banyak waktu, tidak efisien dan butuh biaya yang besar.
Proses perubahan pada halaman web bukan hanya menghambat seluruh pembuatan informasi dan isi oleh webmaster tapi juga tidak efektif karena banyak waktu terbuang.
Keinginan untuk meningkatkan jumlah informasi dalam website dan kebutuhan untuk menggabungkan sistem menjadi lebih besar dan kompleks ke dalam proses web publishing.

Keuntungan CMS
Informasi yang ditampilkan secara online tetap up-todate, konsisten dan mempunyai nilai informasi terkini.
Webmaster dapat lebih konsen pada sisi teknologi nya saja, sedangkan konten atau isi dapat diberikan wewenang nya kepada user tertentu.
Dengan CMS artikel dan berita dapat diatur berdasarkan criteria tertentu, masing-masing pemilik berita bertanggung jawab dengan informasi yang mereka kirim ke website.
Pemilik website memegang kendali penuh terhadap isi dan tampilan website.
CMS didesain untuk pemilik website yang tidak memiliki keahlian teknis pemrograman.

Yang bisa didapatkan dari CMS
Efeknya dapat terasa saat meningkatnya kepercayaan dan kepuasan pengunjung dengan memberikan informasi yang konsisten dan benar, juga meningkatnya nilai persepsi positif terhadap informasi yang tersedia.

Masa Depan CMS
Konsep Content Management System akan semakin banyak digunakan. Publikasi suatu artikel akan semakin cepat karena sifatnya yang dinamis. Makin banyak CMS yang bersifat Open Source membuatnya semakin popular. Beberapa CMS bahkan mempunyai varian yang semakin lama semakin diffrensiasi, cenderung mengarah ke simplikasi pengelolaan yang semakin membaik.
Tidak sedikit CMS yang bersifat komersial. Tentunya hal ini akan semakin menguatkan posisi CMS yang juga bermain di sisi enterprise, sebagai engine website-website kelas berat. Di masa depan harga CMS komersial akan semakin murah dan terstandarisasi.
Semakin lama CMS akan semakin konsisten, professional dan jenisnya akan semakin banyak dan lebih spesifik seperti hypermedia, penanganan dokumen elektronik, software engineering, marketing dan desain bisnis proses.

Kategori CMS
- CMS dapat dikategorikan menjadi:
- CMS Portal
- CMS Blogs
- CMS e-Commerce
- CMS Forums
- CMS e-Learning
- CMS Image Galleries
- CMS Wiki
http://www.opensourcecms.com

Belajar Posting 2

Mengapa butuh CMS ?

Teknologi dan metode lama untuk membangun halaman web menghabiskan banyak waktu, tidak efisien dan butuh biaya yang besar.
Proses perubahan pada halaman web bukan hanya menghambat seluruh pembuatan informasi dan isi oleh webmaster tapi juga tidak efektif karena banyak waktu terbuang.
Keinginan untuk meningkatkan jumlah informasi dalam website dan kebutuhan untuk menggabungkan sistem menjadi lebih besar dan kompleks ke dalam proses web publishing.

Keuntungan CMS
Informasi yang ditampilkan secara online tetap up-todate, konsisten dan mempunyai nilai informasi terkini.
Webmaster dapat lebih konsen pada sisi teknologi nya saja, sedangkan konten atau isi dapat diberikan wewenang nya kepada user tertentu.
Dengan CMS artikel dan berita dapat diatur berdasarkan criteria tertentu, masing-masing pemilik berita bertanggung jawab dengan informasi yang mereka kirim ke website.
Pemilik website memegang kendali penuh terhadap isi dan tampilan website.
CMS didesain untuk pemilik website yang tidak memiliki keahlian teknis pemrograman.

Yang bisa didapatkan dari CMS
Efeknya dapat terasa saat meningkatnya kepercayaan dan kepuasan pengunjung dengan memberikan informasi yang konsisten dan benar, juga meningkatnya nilai persepsi positif terhadap informasi yang tersedia.

Masa Depan CMS
Konsep Content Management System akan semakin banyak digunakan. Publikasi suatu artikel akan semakin cepat karena sifatnya yang dinamis. Makin banyak CMS yang bersifat Open Source membuatnya semakin popular. Beberapa CMS bahkan mempunyai varian yang semakin lama semakin diffrensiasi, cenderung mengarah ke simplikasi pengelolaan yang semakin membaik.
Tidak sedikit CMS yang bersifat komersial. Tentunya hal ini akan semakin menguatkan posisi CMS yang juga bermain di sisi enterprise, sebagai engine website-website kelas berat. Di masa depan harga CMS komersial akan semakin murah dan terstandarisasi.
Semakin lama CMS akan semakin konsisten, professional dan jenisnya akan semakin banyak dan lebih spesifik seperti hypermedia, penanganan dokumen elektronik, software engineering, marketing dan desain bisnis proses.

Kategori CMS
- CMS dapat dikategorikan menjadi:
- CMS Portal
- CMS Blogs
- CMS e-Commerce
- CMS Forums
- CMS e-Learning
- CMS Image Galleries
- CMS Wiki
http://www.opensourcecms.com

Belajar Posting 1


Content Management System (CMS)

Pengertian
Sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur isi website dengan baik, mudah dan cepat.
Sebuah sistem yang dapat mengelola seluruh isi dan tampilan suatu website.

Content
Merupakan informasi digital yang digunakan untuk mengisi setiap halaman muka sebuah aplikasi web.
Dapat berupa teks, gambar, animasi, suara dan lainnya. Atau dengan kata lain semua hal yang berhubungan untuk memberikan informasi kepada publik melalui intranet, extranet maupun internet.

Content Management
Penggabungan aturan, proses dan alur kerja oleh webmaster atau sistem terdistribusi, sehingga pemilik atau penyumbang isi dapat membuat, mengubah serta mem-publish seluruh isi halaman sesuai dengan aturan sistem.

Content Management System
Merupakan suatu alat yang efisien, efektif dan memudahkan dalam pembuatan halaman web menggunakan sistem pengelolaan isi website.


Kesimpulan Pengertian CMS
Dapat dikatakan bahwa CMS adalah suatu alat yang dapat memusatkan kemampuan teknis dan menyebarkan kemampuan nonteknis kepada anggota tim untuk membuat, mengubah, mengelola dan mem-publish sejumlah isi website seperti teks, gambar, animasi, suara dan lain-lain dengan aturan, proses dan alur kerja yang sudah baku sehingga website dapat terlihat sesuai keinginan.